Alasan Kenapa Kamu Harus Terus Berjuang Meski Lelah Menerjang

Alasan Harus Berjuang

Alasan Terus Berjuang.

Hai sahabat senyumku… apakah saat ini kamu merasa capek banget dengan segala hal, tetapi karena sudah berjuang hingga sejauh ini jadi sangat disayangkan kalau harus berhenti dan menyerah di tengah jalan?

Iya kamu benar.

Semakin dewasa, akan ada semakin banyak hal yang tidak kita senangi terjadi. Tapi, bagaimanapun juga kita harus tetap berjuang untuk menaklukkan keadaan. Misalnya, kamu yang sedang berjuang lulus dari jurusan yang tidak kamu senangi, atau kamu yang sudah berkali-kali mengalami kegagalan tapi tak ingin menyerah hanya karena lelah.

Ada beberapa hal dalam kehidupan yang harus kita pahami. Yang juga menjadi alasan kenapa kita masih harus tetap berjuang hingga detik ini.

1. Mengeluh tak akan pernah bisa menyelesaikan masalah.

Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah apapun. Mari selesaikan batu ganjalan yang menghadang langkah kita satu persatu. Hingga pada akhirnya, kita akan sangat kagum dan bangga pada diri kita sendiri yang sudah berhasil berjuang hingga sejauh ini.

2. Tak ada sesuatu yang instan.

Buat perubahan mulai dari sekarang, mulai dari diri kita sendiri.

Tak ada yang instan di dunia ini, segala hal memerlukan perjuangan dan pengorbanan.

Istirahatlah sejenak jika lelah. Tidak apa-apa, tapi tetap ingat untuk melanjutkan perjuangan, demi memenuhi kewajiban dan impianmu yang juga harus tetap didapatkan. Jika kamu sudah siap memulai untuk bangkit kembali, maka bangkitlah segera.

3. Berjuang adalah cara kita memahami kehidupan.

Perjuangan, entah itu ringan ataupun berat, secara langsung maupun tidak langsung akan menunjukkan pada kita tentang arti kehidupan yang sebenarnya.

Kehidupan yang bukan hanya berisi kesenangan, melainkan ada pula kesusahan. Tak hanya berisi kebahagiaan, namun juga mengandung kesedihan dan kepedihan.

Dan sejauh mana kamu menyusuri kehidupan, selama mana umurmu bertahan, kelak itu semua akan membuat kita paham bahwasanya hidup ini adalah milik sang pencipta. Akan kembali kepada pemilik semesta.

4. Hidup juga memerlukan materi

Kita hidup di dunia tentunya tak hanya bergantung pada hukum alam dan kemurahan hati Tuhan, hidup kita juga memerlukan materi.

Masih perlu sesuap nasi agar dapat tegak berdiri. Membutuhkan pakaian untuk menutupi badan. Memerlukan rumah untuk singgah, untuk rebah dan melepas lelah.

Semua itu merupakan materi duniawi. Sesuatu yang harus kita dapatkan agar dapat hidup lebih tenang.

Meski hidup bukan hanya soal materi, tetap saja materi merupakan hal yang penting bagi berlangsungnya kehidupan.

5. Terkadang, kesuksesan merupakan kunci sebuah kebahagiaan

Sukses, tak dapat dipungkiri mampu menjadi sumber kebahagiaan.

Perjuangan yang telah kita lalui, pahit getir jalan yang telah terlewati, akan terasa manis setelah mengenyam kesuksesan.  Baik kesuksesan di dunia maupun akhirat.

Dan alasan kenapa kita harus berjuang, adalah agar kita dapat meraih kesuksesan. Karena kesuksesan pun bukan hal yang mudah didapatkan. Ia meminta banyak tumbal, baik dari waktu, tenaga, maupun kelapangan hati dan logika.

Intinya, hidup ini memang memerlukan perjuangan. Karena kita “born to fight”, terlahir untuk berjuang.

Alasan Terus Berjuang
Alasan Terus Berjuang

Segala hal di dunia memerlukan perjuangan, tak ada yang instan.

Bahkan, mie yang katanya instan pun masih harus dimasak dan dibumbui terlebih dahulu agar bisa dimakan. Apalagi kehidupan. Ia perlu diolah sedemikian rupa agar dapat dinikmati.