Presiden Menyampaikan Belasungkawa Kepada Korban Gempa Sulawesi Barat

Presiden Menyampaikan Belasungkawa

Presiden Menyampaikan Belasungkawa. Sahabat senyumdong, Indonesia kembali dikabarkan dengan berita duka. Semoga keluarga kita yang saat ini sedang ditimba duka bisa diberikan ketabahan dan kesabaran dalam melaluinya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada para korban gempa yang mengguncang Kabupaten Majene di Sulawesi Barat. “Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada para korban gempa,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Kabupaten Majene dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Barat pada hari Jumat sekitar pukul 01.28 WIB.

Tadi pagi saya juga telpon gubernur Sulawesi Barat, dan saya juga sudah perintahkan Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Menteri Sosial, Kepala Basarnas (Badan SAR Nasional), Panglima TNI, dan Kapolri, serta stafnya agar segera mengambil langkah tanggap darurat,” tandasnya.

Tindakan tersebut termasuk mencari korban dan menawarkan perawatan kepada yang terluka.

Presiden Menyampaikan Belasungkawa
Presiden Menyampaikan Belasungkawa

“Saya juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi yang diberikan petugas di lokasi kejadian,” lanjutnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang berpusat enam kilometer timur laut Majene itu terjadi pada Jumat dini hari.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat, pukul 11.10 WIB, delapan orang dikabarkan meninggal dunia, sedangkan 637 orang mengalami luka-luka akibat gempa di Sulawesi Barat.

Selain itu, sekitar 15 ribu orang di Kabupaten Majene dilaporkan telah mengungsi. Kerusakan bangunan yang dilaporkan meliputi 62 rumah dan kantor. Kantor yang rusak berat itu terdiri dari puskesmas, hotel, kantor gubernur Sulawesi Barat, dan beberapa minimarket.

Pemadaman listrik juga dilaporkan bersamaan dengan jaringan komunikasi yang tidak stabil.

Badan penanggulangan bencana daerah melaporkan perlunya perbekalan, selimut, tikar, tenda pengungsian, layanan medis, terpal, alat berat, alat komunikasi, sembako, dan masker.

Apapaun yang terjadi, semua itu sudah menjadi kehendak Sang Maha Pencipta, mari bersama-sama kita doakan keluarga kita. Jika sahabat senyumdong ingin memberikan bantuan itu akan lebih baik.

Bantuan bisa berupa apa saja, silahkan kirimkan bantuan anda kepada yang berhak.